hackathon kmipn 2019
 

Lomba Perancangan Bisnis Bidang TIK adalah kompetisi pengembangan model bisnis dengan produk TIK. Suatu perencanaan bisnis adalah penghubung antara ide dan kenyataan artinya bagaimana ide diwujudkan menjadi kenyataan dengan mengetahui faktor-faktor yang menjadi pemicu keberhasilan dan kegagalan suatu bisnis. Lomba ini memberikan kesempatan kepada peserta yang memiliki ide bisnis, startup dan pengembangan usaha yang berorientasi pada produk TIK, berupa jasa atau produk. Perencanaan bisnis yang baik akan membantu dalam melihat lebih jelas mengenai tipe bisnis yang akan dirintis, siapa saja yang akan menjadi pelanggan dan produk atau jasa apa yang akan di tawarkan.

 

 

PERATURAN USULAN:
  1. Setiap tim terdiri dari 1-3 orang, dan hanya boleh mengajukan satu buah ide pengembangan bisnis bidang TIK.
  2. Ide bisnis belum pernah menjadi pemenang (juara 1,2 dan 3) di kompetisi bidang IT, business plan, dan lainnya baik lokal, nasional, maupun internasional.
  1. Ide tidak mengandung SARA (Suku Agama Ras dan Antar Golongan), tidak terkait dengan pengembangan program pemerintah dan Tidak melanggar aturan Undang Undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jika ide bisnis yang diikutsertakan adalah ide bisnis yang dikembangkan dari kontes sebelumnya, peserta harus menjelaskan pada juri mengapa ide bisnis tersebut diikutsertakan dan apa yang membedakan yang sekarang dengan sebelumnya.

 

 

BABAK PENYISIHAN (BUSINESS PLAN):
  1. Peserta mengumpulkan Business Plan tentang rencana bisnisnya dengan cara mengunggah dalam bentuk .pdf ke menu unggah berkas pada halaman resmi KMIPN 2019 (http://kmipn.pcr.ac.id) dengan melampirkan dokumen Business Model Canvas (Alexander Osterwalder & Yves Pigneur).
  2. Berkas Business Plan disimpan dengan format nama file:

BISNIS_KMIPN2019_[NamaTim]_[NamaPoliteknik(TIDAK DISINGKAT)].pdf”.

  1. Dokumen Business Plan maksimal 15 halaman, tidak termasuk sampul.

 

 

BABAK FINAL (PRESENTASI):

Pada babak final, finalis diminta untuk melakukan presentasi di hadapan juri serta demonstrasi dari piranti cerdas tersebut.

  1. Tim yang lolos di babak Final wajib membuat poster dan akan dipamerkan pada babak Final.
  2. Tim yang lolos pada babak final diwajibkan untuk membawa dan menampilkan (minimal mock-up/prototype) dari produk/layanan yang merupakan obyek dari business plan yang dikembangkan.
  3. Perserta diharapkan untuk menyesuaikan konten presentasinya dengan durasi presentasi, yaitu maksimal 15 menit.
Tim yang lolos pada babak final diwajibkan untuk membawa dan menampilkan (minimal mock-up/prototype) dari produk/layanan yang merupakan obyek dari business plan yang dikembangkan.