animasi kmipn 2019
 
Animasi adalah sebuah kompetisi pembuatan video animasi pendek dalam bentuk 2D/3D yang memberikan informasi dan pengenalan singkat mengenai Smart Society dalam penggunaan Teknologi Informasi menuju Smart City di Indonesia.
 

 

KETENTUAN KOMPETISI:
  1. Satu tim terdiri dari 1-3 orang mahasiswa yang dipimpin oleh seorang ketua tim.
  2. Karya dalam format .MP4 dengan durasi 7-10 menit tidak termasuk credit dengan resolusi minimal 1280x720 (720p) dan ukuran file maksimal 250 MB.
  3. Karya merupakan produk animasi dengan konten mewujudkan Teknologi Informasi pada Smart Society menuju Smart City di Indonesia, sesuai dengan tema KMIPN 2019.
  4. Karya boleh dibuat dengan metode shader/rendering bebas (ray trace, realistic, kartun, dan lain-lain) serta boleh menggunakan plug-in kecuali dalam hal cerita, karakter, environment, property, dan musik serta suara.
  5. Unsur-unsur utama yang harus ada dalam film animasi antara lain: Cerita, Karakter/tokoh, Environment dan property serta music dan suara.
  6. Musik dan suara bisa bersifat orisinil, karya sendiri atau menggunakan sumber daya yang berasal dari sumber terbuka yang bisa digunakan ulang.
  7. Film animasi harus memuat logo KMIPN 2019.
  8. Setiap tim harus mengunggah file proposal dan trailer animasi dalam bentuk softcopy di menu unggah proposal dan link video trailer yang telah disediakan pada halaman resmi KMIPN 2019.
  9. Karya merupakan karya orisinal dan tidak melanggar hak cipta (dilengkapi dengan surat pernyataan di atas materai 6000).
  10. Karya belum pernah digunakan untuk lomba yang lainnya.
  11. Dewan juri dan panitia tidak bertanggung jawab bila terjadi tuntutan hukum dari pihak-pihak lain atas karya yang sudah dikirim, baik terkait dengan hak cipta, kepemilikan, karya intelektual, atau apapun lainnya.
  12. Keputusan juri bersifat final, tidak dapat diganggu gugat dan tidak ada surat menyurat.

 

BABAK PENYISIHAN (PROPOSAL DAN VIDEO TRAILER):

Pada babak penyisihan, peserta harus mengumpulkan proposal dan video trailer. Berikut merupakan ketentuan proposal & trailer:

  1. Proposal harus ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Proposal ditulis dengan kertas A4 menggunakan font Times New Roman (12) maksimal 40 Halaman.
  3. Proposal berisi:
           a. Judul pada halaman depan, berikut informasi:
                  - Lomba Animasi di ujung kanan atas
                  - Judul
                  - Nama Tim
                  - Nama Perguruan Tinggi
                  - Nama Karya
                  - Anggota Tim
                  - Logo KMIPN 2019
          b. Konsep Film
          c. Storyboard
          d. Link Trailer (YouTube, Google Drive, Dropbox)
          e. Surat Pernyataan di atas materai 6000
  4. Proposal diunggah dengan format .pdf dengan nama file: ANIMASI_KMIPN 2019_[Nama tim]_[ ASAL POLITEKNIK (TIDAK DISINGKAT )].pdf
  5. Video trailer berdurasi kurang lebih 2-3 menit.
  6. File video trailer diunggah di youtube dengan format nama: Trailer ANIMASI_KMIPN 2019_[Nama tim]_[Nama Karya]_[ ASAL POLITEKNIK (TIDAK DISINGKAT )]
  7. Panitia akan memilih karya animasi terbaik sebagai finalis. Tim yang lolos sebagai finalis akan diundang ke babak final serta diberi kesempatan untuk menyempurnakan karya animasinya dan mempersiapkan presentasi/pemutaran karya animasinya pada babak final.

 

BABAK FINAL:

Dalam babak final, peserta wajib hadir dalam acara pemutaran karya film animasi dan peserta akan mempresentasikan hasil karyanya langsung di hadapan dewan juri. Peserta juga harus menyertakan sumber referensi yang digunakan (gambar, musik) dalam slide presentasi. Selain itu finalis diwajibkan membawa Banner sebagai kelengkapan presentasi dan juga pameran.

 

KRITERIA PENILAIAN:
  1. Kesesuaian konsep desain dalam mewujudkan tema KMIPN 2019 dalam suatu sudut pandang yang jelas.
  2. Lingkup kedalaman eksplorasi tema serta komunikatif dalam menyampaikan pesan.
  3. Karya harus mampu mengilustrasikan tema dan topik secara kreatif dan orisinal secara ide dan teknik animasi yang sesuai kaidah seni.
  4. Teknik pembuatan karya animasi dalam teknik modelling, pencahayaan, pergerakan, dan beragam teknik lainnya.
  5. Karya harus berasosiasi positif, tidak boleh mengandung unsur ras, politik, agama, pornografi, pornoaksi, serta tidak menjatuhkan/mendiskreditkan pihak tertentu.
  6. Secara umum, karya animasi yang dikirim tidak boleh mengandung elemen yang melanggar hak cipta dan etika pembuatan karya cipta (bukan tiruan).
  7. Sinematografi, nilai artistik, nilai etika dari karya secara keseluruhan akan dinilai.
  8. Porsi untuk masing-masing kriteria penilaian yang digunakan adalah sebagai berikut:

 

No.

Kriteria Penilaian

Bobot

1

Kesesuaian Tema

20%

2

Komunikatif

20%

3

Kreativitas dan Estetika

20%

4

Teknik Pembuatan

15%

5

Orisinalitas

25%