hackathon kmipn 2019
 
Lomba Hackathon adalah kompetisi untuk menciptakan suatu sistem/perangkat lunak dalam sebuah projek yang merupakan hasil kolaborasi dari berbagai bidang. Sistem/Perangkat lunak yang dihasilkan akan memberikan manfaat atau solusi dari suatu permasalahan yang terjadi di masyarakat sesuai dengan tema KMIPN 2019. Kompetisi ini melibatkan pengembang perangkat lunak dengan berbagai macam keahlian meliputi programming, jaringan komputer/perangkat keras, desain grafis, desain UI/UX, dan keahlian bidang lain yang relevan dengan tema projek. Peserta lomba terdiri sekitar 3 - 5 orang yang berkolaborasi menyelesaikan masalah untuk dapat diselesaikan dalam waktu yang sudah ditentukan oleh panitia KMIPN 2019 .
 
KRITERIA PESERTA:
  1. Jumlah anggota kelompok pengusul berjumlah 3 – 5 Orang.
  2. Kesempatan bagi seluruh mahasiswa politeknik yang memiliki ide yang kreatif dan inovatif.
  3. Bidang usulan tidak diharuskan sesuai dengan bidang ilmu pengusul.

 

USULAN PROPOSAL:

Proposal yang di upload harus memperhatikan ketentuan berikut:

  1. Menggunakan penulisan Bahasa Indonesia sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan.
  2. Ide hackathon yang diajukan merupakan ide yang dapat dipertanggungjawabkan keorisinilannya.
  3. Penulisan proposal dan ide yang diajukan tidak diperbolehkan mengandung unsur SARA, ujaran kebencian ataupun yang tidak sesuai dengan norma kesopanan/kesusilaan.
  4. Kandungan tulisan dalam proposal tidak bersifat ofensif ke pihak tertentu.
  5. Penulisan disusun secara logis dan sistematis (proposan karya yang sistematis secara umum mengandung unsur identifikasi, analisis dan kesimpulan).

 

SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL:

Proposal Hackathon KMIPN 2019 harus ditulis sesuai petunjuk berikut:

  1. Ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 pt, dengan jarak baris 1,15, ukuran A4, maksimal 25 halaman.
  2. Sampul proposal memuat informasi nama tim, nama anggota, judul usulan, asal politeknik dan logo KMIPN 2019 yang keseluruhan dapat dibaca dengan jelas.
  3. Mengikuti struktur sebagai berikut:
    SAMPUL (1 Halaman)
    A. DAFTAR ISI
    B. BAGIAN UTAMA
        1. PENDAHULUAN
            - Uraian tentang alasan peserta mengajukan ide hackathon mereka (harus dilengkapi data dan informasi riil
              yang mendukung guna menghindari latar belakang masalah yang tidak sesuai realita).
            - Tujuan
            - Manfaat
        2. GAGASAN
            - Kondisi aktual objek permasalahan (dapat diperoleh dari bahan tulisan resmi dan relevan, wawancara atau observasi mandiri).
            - Gagasan dari masalah terkait yang pernah diimplementasikan sebelumnya.
            - Bahasan lengkap mengenai gagasan yang diajukan.
              Dukungan berupa media visualisasi gagasan akan sangat membantu dalam penilaian.
            - Prediksi hasil implementasi dari gagasan yang diajukan
            - Uraian peran & kontribusi dari pihak-pihak yang terlibat dalam membantu implementasi gagasan.
            - Tahapan-tahapan strategis dalam usaha penerapan gagasan hingga tujuan yang ditentukan dapat tercapai.
        3. KESIMPULAN
            Secara umum, membahas singkat tentang gagasan yang diajukan serta alur pengimplementasiannya.
    C. DAFTAR PUSTAKA
        Daftar pustaka ditulis dengan menggunakan Harvard Style.

Proposal maksimal berukuran 30 MB diupload dengan format .pdf dengan pola nama file:

HACKATHON_KMIPN2019_[NAMA TIM]_[ ASAL POLITEKNIK (TIDAK DISINGKAT )].pdf 
 

 

 

BABAK PENYISIHAN:

Seleksi akan dilakukan oleh tim juri KMIPN 2019 yang sangat kompeten pada bidangnya. Kriteria penilaian usulan yang diajukan adalah sebagai berikut:

  1. Aspek kreatif, futuristik dan Inovatif gagasan.
  2. Logis dan Implementatif.
  3. Kesesuaian dengan tema.
  4. Kebermanfaatan gagasan
 
BABAK FINAL:

Peserta yang lolos sebagai finalis akan mengikuti Hackathon KMIPN 2019 yang berlokasi di kampus Politeknik Caltex Riau tanggal 11 - 12 September 2019.

  1. Progress pengerjaan dilakukan ketika Babak Final berlangsung (Lebih bagus bila produknya sudah hampir jadi atau sudah berjalan).
  2. Fasilitas peralatan pengembangan disediakan oleh Penyelenggara, namun Finalis dipersilahkan untuk menyiapkan peralatan pengembangannya sendiri (PC/Laptop, dll) jika diperlukan.
 
KRITERIA PENILAIAN:

Penilaian dilakukan oleh mentor dan juri, besaran nilai dari mentor 60 % dan untuk juri 40% dengan hal-hal penting sebagai berikut.

  1. Penyampaian gagasan dalam presentasi
  2. Penguasaan materi gagasan
  3. Tanya Jawab Bersama para mentor
  4. Progress pengerjaan yang bagus